Jumat, 27 Maret 2015

Membuat Pola Rok Seragam Sekolah

Untuk rok seragam SD atau sederajat, dasar untuk membuat polanya adalah ukuran lingkar pinggang dan panjang rok.
Pola rok seragam SD sangat sederhana, hanya memotong kain dengan ukuran panjang rok ditambah 2cm untuk kampuh jahitan pinggang, ditambah lagi 3cm untuk lipatan rok bawah. Jadi, polanya hanya kain berukuran panjang rok plus 5cm dipotong melintang selebar kain yang akan digunakan untuk membuat rok.

Pada guntingan kain ini dibuat lipit searah sebesar 16 lipitan. Cara membuat lipitan diperhitungkan sedemikian rupa, sehingga setelah dilipit semuanya, ukuran kain menjadi sama dengan ukuran lingkar pinggang.
Batas lebar kain (tepian kain) dijahit dengan lipatan 3cm, dan di salah satu ujungnya dipasang resleting. koneksi kain yang ada resletingnya ini merupakan bagian tengah belakang dari rok yang sedang dibuat.

Setelah menjadi rok, maka bagian depan ada sebanyak 8 lipitan, bagian belakang kiri ada sebanyak 4 lipitan dan bagian belakang kanan juga ada sebanyak 4 lipitan.
Selanjutnya lipitan kain terkunci dengan jahitan, kemudian dipasang ban pinggangnya, dijahit lipatan rok bagian bawahnya, maka sudah jadi rok seragam sekolah SD atau sekolah yang sederajat.


Untuk rok seragam sekolah SLTP dan SLTA polanya sama saja. Bedanya hanya pada cara membuat lipit hadap pada pola rok depan. Pada rok seragam SLTP, jahitan lipit hadapnya ada dua buah berada di depan kiri dan di depan kanan.
Sedangkan pada rok seragam sekolah SLTA, jahitan lipit hadapnya hanya ada satu saja, terletak pada bagian tengah dari rok depan yang sedang dibuat.

Lebih jelasnya, silakan disimak gambar pola rok seragam sekolah berikut:




Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kepercayaan masyarakat kepada LPK Intan Sruweng.




47 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola kemeja beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komen yg lain, biarin aja tan... Gausah ditanggepin

    BalasHapus
  4. Gk ngerti:v gua bkn anak prakarya:v:v

    BalasHapus
  5. Bagus sekali blognya mantaff ngebantu pas pelajaran tabus 😂 bintang 5 deh 👍⭐⭐⭐⭐⭐

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Selamat ulang tahun semuanya from: stanley

    BalasHapus
  8. Maaf kami yang ngebala di blog anda adalah siswa Smpn 02 cibinong

    BalasHapus
  9. Pada berantem semua nih. Ane telat komen

    BalasHapus