Sabtu, 28 Maret 2015

Pengenalan Mesin Jahit High-speed dan Mesin Obras


Para peserta latihan pada umumnya belum mengenal jahit-menjahit, hanya sebagian kecil yang sudah kenal jahitan menggunakan mesin jahit biasa, belum bisa menggunakan mesin jahit high-speed.  Juga belum mengenal mesin obras, karena kalau membuat baju sendiri masalah mengobrasnya selalu dibawa ke tukang obras.  Demikian pula membuat lobang kancingnya.

Karena itu sebelum praktek membuat pakaian seragam sekolah, para peserta dikenalkan dengan mesin jahit high-speed dan mesin obras yang akan digunakan untuk praktek kerja nanti, setelah selesai mengikuti pelatihan ini.  Semua merasa senang dan ingin dapat mengoperasikan mesin-mesin kerja tersebut.







Tahapan pertama, peserta dilatih dan praktek memasang benang pada mesin jahit high-speed, baik benang atas maupun benang bawah.   Juga dilatih dan praktek menggulung benang yang akan dipasang sebagai benang bawah pada mesin jahit high-speed.








Setiap peserta melaksanakan tugas praktek menjahit untuk pemula, sampai betul-betul dapat menjahit lurus dan menjahit lengkung dengan tusukan jarum tepat pada sasaran yang telah ditentukan.
Tugas yang dilaksanakan para peserta dapat disaksikan pada video berikut ini:








Mula-mula, peserta mengalami kesulitan dan hambatan dalam melaksanakan tugas praktek ini, namun setelah mencoba praktek selama satu jam dengan bimbingan Instruktur LPK Intan Sruweng, syukur alkhamdulillah semua peserta sudah dapat menyelesaikan tugas ini dengan semakin baik dan lancar.















Dilanjutkan tahapan kedua, peserta dilatih dan praktek memasang benang pada mesin obras A yang menggunakan 3 benang, juga dilatih dan praktek memasang benang pada mesin B yang menggunakan 6 benang.  Mesin B selain untuk meng-obras juga dapat digunakan untuk jahitan neci.









Secara bergantian, para peserta praktek meng-obras kain menggunakan mesin A dan mesin B sampai semua betul-betul dapat menggunakan alat kerja tersebut.  Tentu saja perlu kesabaran untuk memberikan pelatihan ini, dan beginilah kinerja Pimpinan dan Instruktur Menjahit LPK Intan sebagai santapan kerja hariannya…

Masing-masing Lembaga Pelatihan Menjahit boleh berbeda dalam memberikan materi pelatihannya dan masyarakat yang kritis dapat menentukan pilihannya sendiri, sebaiknya Kursus Menjahit di Lembaga mana... ok?

Terimakasih atas kepercayaan masyarakat luas kepada LPK INTAN Sruweng Kebumen Jawa Tengah.

Iman S Prositadika
Penyusun Program Pelatihan LPK Intan Sruweng


1 komentar:

  1. http://jacksewingmachinebandung.weebly.com/jenis---jenis-mesin-untuk-kaos.html

    BalasHapus