Selasa, 14 April 2015

Merubah Ekstensi File Rajutan Bordir Komputer dengan Wilcom

Pengantar:
Pada postingan Pengenalan Wilcom yang lalu, ada komentar pengunjung yang menyatakan dirinya punya mesin bordir komputer merk Singer ternyata tidak dapat digunakan untuk membordir file bordir milik temannya yang punya mesin bordir merk Brother.  Temannya si pemilik mesin bordir Brother juga tidak bisa membordir menggunakan file dari mesin bordir Singer.
Dapatkah Wilcom mengolah supaya file-file bordir komputer tersebut dapat digunakan bersama-sama, mekipun merk mesin bordir komputernya saling berbeda?
Semoga postingan kali ini dapat memberi solusi pada permasalahan dimaksud.


Mengenal Ekstensi File Rajutan Bordir Komputer.

Pemberian nama file pada system komputer terdiri dari dua elemen yang dipisahkan dengan tanda titik (dot). Bagian di sebelah kiri titik adalah nama file sedang bagian di sebelah kanan titik yang lazimnya 3 karakter disebut Ekstensi File.
Ekstensi file rajutan bordir komputer ada banyak macam ragamnya, dan masing-masing merk mesin bordir komputer menggunakan Ekstensi File bordir yang berbeda-beda.
Supaya lebih jelas dapat dipahami, berikut akan diberikan contoh hubungan antara merk mesin bordir komputer  dengan ekstensi file bordir yang dapat digunakannya.

Mesin bordir komputer merk SINGER dapat beroperasi menggunakan file rajutan bordir yang memiliki ekstensi:  dot FHE, dot CHE, dot XXX dan dot PSW.
Katagori mesin jahit Singer yang dipasarkan di Indonesia adalah Singer Quantum XL400, XL580, EM200 dan SE300 dapat beroperasi menggunakan file rajutan bordir yang memiliki ekstensi dot ART, dot HUS, dot JEF, dot PES, dot SEW dan dot VIP.

Mesin bordir komputer merk BROTHER dapat beroperasi menggunakan file rajutan bordir yang memiliki ekstensi:  dot PES
Disini mulai tampak sumber permasalahannya, ternyata disebabkan karena file bordir yang digunakan tidak serasi dengan merk mesin bordir komputernya.
Sekedar tambahan wawasan, ada baiknya mengenal aneka merk mesin bordir komputer lainnya, yang pada masa sekarang yang sudah banyak sekali beredar di tengah masyarakat

Mesin bordir komputer merk TAJIMA dapat beroperasi menggunakan file rajutan bordir yang memiliki ekstensi:  dot DST
Mesin bordir komputer merk PFAFF dapat beroperasi menggunakan file rajutan bordir yang memiliki ekstensi: dot PCS
Mesin bordir komputer merk BERNINA dapat beroperasi menggunakan file rajutan bordir yang memiliki ekstensi: dot ART
Mesin bordir komputer merk JANOME dapat beroperasi menggunakan file rajutan bordir yang memiliki ekstensi:  dot JEF
Mesin bordir komputer merk HUSQVARNA VIKING dapat beroperasi menggunakan file bordir yang memiliki ekstensi: dot HUS

Dan merk mesin bordir komputer lainnya yang semakin marak beredar di tengah masyarakat.
Jadi, kinerja mesin bordir komputer didukung oleh file bordir yang ekstensinya  harus serasi dengan mesin bordir yang digunakan. Bila belum serasi maka ekstensi file harus dirubah dulu sehingga dapat serasi.


Kiranya perlu dipahamai bahwa mesin bordir komputer itu gunanya untuk membuat rajutan benang bordir berdasarkan file gambar bordir yang ekstensinya sudah serasi dengan system kerja mesin bordir yang bersangkutan.  Jangan salah pengertian kalau mesin bordir dapat digunakan untuk membuat file master gambar bordir. Untuk membuat master gambar bordir digunakan software pengolah rajutan bordir yang sudah terpasang (terinstal) di komputer atau laptop.
Demikian pula kalau ingin merubah ekstensi file gambar bordir, juga digunakan software pengolah gambar bordir yang terpasang di komputer/laptop, tidak bisa dilakukan menggunakan mesin bordir komputer.

Software pengolah gambar bordir komputer yang paling lengkap fasilitasnya dan paling familier dengan aneka merk  mesin bordir komputer adalah program Wilcom Embroidery.


Merubah Ekstensi File Rajutan Bordir Komputer.

Desain rajutan gambar bordir yang dibuat menggnakan software Wilcom dan belum menunjuk merk mesin bordir yang akan digunakan, merupakan desain bordir dasar yang bila disimpan akan menjadi file gambar bordir dengan ekstensi: dot EMB.
Supaya dapat digunakan oleh mesin bordir tertentu, Wilcom harus menyimpan file tersebut dengan ekstensi yang serasi dengan ketentuan pada mesin bordir yang akan digunakan.

Wilcom sangat familier dengan semua merk mesin bordir komputer, artinya dari desain dasar yang ber-ekstensi : dot EMB dapat dirubahnya menjadi file baru yang ber-ekstensi tertentu yang serasi dengan  aneka merk mesin bordir komputer…
Wilcom juga dapat membuka file yang sudah ber-ekstensi tertentu tadi, lalu mengembalikannya menjadi file desain dasar yang ber-ekstensi: dot EMB.
Sifat Wilcom yang familier terhadap aneka merk mesin bordir komputer  tadi, membuat Wilcom semakin simpatik dan banyak digunakan untuk merubah aneka macam ekstensi pada file gambar bordir, untuk dirubah menjadi file gambar bordir baru dengan ekstensi yang dibutuhkan oleh mesin bordir komputer yang kita gunakan.

Cara merubah ekstensi file rajutan bordir komputer dapat diceritakan secara ringkas sebagai berikut:

  1. Panggil file gambar bordir ekstensi tertentu.  Klik toolbar (1) untuk menentukan drive dan folder tempat menyimpan file tersebut.  Klik toolbar (2) untuk menampilkan datar ekstensi file, tentukan salah satu ekstensi dari file yang akan dirubah.
  2. Segera ditampilkan nama-nama file di kotak dialog, aktifkan tanda centang pada priview supaya nama file yang dipilih dapat ditampilkan gambarnya. Pilih salah satu file yang akan dirubah ekstensinya, lalu klik Open. Sekarang file tersebut menjadi aktif, lalu simpan dan kembalikan menjadi file desain dasar dengan ekstensi: dot EMB
  3. Berangkat dari file desain dasar dot EMB, buatlah file gambar bordir dengan ekstensi baru yang serasi dengan mesin bordir yang akan digunakan. Klik toolbar (3) untuk menentukan drive dan folder tempat menyimpan file baru.  Klik toolbar (4) maka ditampilkan datar ekstensi file, pilih salah satu ekstensi file gambar bordir yang serasi dengan mesin bordir yang digunakan. Tulis sebuah nama file baru pada kotak isian File Name, lalu Klik Save.  Tunggu sesaat, proses penyimpanan file sedang dilaksanakan.

Sekarang file gambar bordir baru yang serasi dengan mesin bordir yang akan digunakan sudah jadi. Copy file tersebut ke-flashdisk, tancapkan pada mesin bordir yang kita miliki dan Go…, mesin bordir sudah dapat jalan membordir sendiri dengan cepat dan rapih. Jangan takut…,  karena sebenarnya yang membordir bukanlah bangsa makhluk halus… tetapi file master gambar bordir yang berisi jutaan perintah untuk dilaksanakan oleh mesin bordir digital.

Melihat banyaknya mesin bordir digital di pasaran saat ini, mulai yang berukuran kecil sampai besar, mulai berkepala satu sampai kepala banyak, dan mulai harga terjangkau sampai mahal, semua ini merupakan kabar baik bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya.
Betapa tidak, perhatikan sekitar kita, pelajar SD, SLTP, SLTA semua membutuhkan LOGO OSIS di baju seragam sekolahnya.
Kalau mau membuat file rajutan bordir logo OSIS yang baik dan halus, hasil bordir digital juga jadi lebih halus dan bisa lebih baik dari bordir logo OSIS yang sudah ada di pasaran, sehingga bisa bersaing dan tidak mustahil malah merebut pasaran.
Ini merupakan kesempatan memperoleh rejeki meski tampak kecil tapi banyak jumlahnya...


Mulai anak TK sampai mahasiswa bahkan para pegawai, dibaju mereka yang dipakai ada tertulis SEBUAH NAMA dalam kotak berukuran sekitar 2 x 10cm.  Seorang pelajar rata-rata memiliki 3 baju yang dipasang SEBUAH NAMA.
Dengan bantuan mesin jahit berkomputer portable yang harganya sekitar sepuluh jutaan, orang sudah bisa membuat bordir SEBUAH NAMA dengan cepat dan mudah.
Menurut matematika, selembar kain berukuran 50 x 110cm bisa dipotong menjadi kain berukuran 2 x 10cm sebanyak 50 x 5 lembar = 250 lembar.
Kalau setelah dibordir SEBUAH NAMA selembar potongan kain bisa dijual seharga Rp.1.000,- (seribu saja), maka dapat dihasilkan Rp.250.000,- hanya bermodalkan kain bahan setengah meter plus benang bordir plus biaya listrik relatif murah karena menggunakan mesin jahit berkomputer kecil, hanya memiliki 1 jarum untuk sat warna benang bordir. Waktu untuk mengerjakan relatif cepat, untuk membordir sebuah nama dibutuhkan waktu sekitar 2 menit saja dan hasil bordiran lebih halus dan lebih rapih.
Kenapa hanya sedikit orang yang tertarik dengan kesempatan ini?

Demikian cerita singkat tentang cara merubah ekstensi file gambar bordir komputer, yang ditambah sedikit informasi yang pantas menjadi bahan renungan bersama.  Semoga ada manfaatnya.
Terimakasih.


6 komentar:

  1. minta info apa saya boleh ikut kursus bordir komputer wilcom, berapa biayanya, apa ada tempat kostnya, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja boleh ikutan kursus, sekalian sambil ajak-ajak temannya malah lebih baik... he-he-he...
      Makasih.

      Hapus
  2. Aq dr Cilacap mw daptar ikutan kursus Wilcom di LPK Intan Sruweng gmn cara-x?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang ke Sekretariat, isi formulir pendaftaran, copy ijazah akhir, pasfoto, biaya pendaftaran, buku plus video tutorial dibayar ketika pendaftaran. Kursus privat, bisa langsung dimulai tanpa tunggu teman...
      Eh lupa... maaf kursusnya istirahat dulu ya... Kenapa? Biaya kursusnya kan belum diangsur... he-he-he...

      Hapus
  3. Tolong saya ndaftar ikutan kursus bordir komputer Wilcom di LPK Intan, persyaratan nyusul yaa...
    maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah didaftar bu... silakan datang untuk melengkapi persyaratan lainnya...
      jangan sampai ketinggalan dompet ya buuu... he-he-he... makasih.

      Hapus