Kamis, 26 Maret 2015

Pelatihan Menjahit Pakaian Seragam Sekolah

Tanggal 21 Maret 2015 telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Menjahit Pakaian Seragam Sekolah yang diselenggarakan oleh MP3KI Kecamatan Sruweng bekerjasama dengan LPK Intan Sruweng.  Sebelumnya juga telah dilaksanakan Pelatihan Bordir Digital menggunakan mesin bordir 12 kepala yang cukup canggih, dimana gambar yang akan dibordir diolah menggunakan komputer paket program Wilcom .  Rencananya, setelah selesai pelatihan para peserta akan membentuk Kelompok Usaha Bersama di bidang usaha konfeksi pakaian seragam sekolah.



Pembukaan Pelatihan dihadiri oleh wakil dari Bapermades Kabupaten Kebumen, wakil dari Kecamatan Sruweng, Team MP3KI Kecamatan Sruweng, Penyusun Program Pelatihan dari LPK Intan Sruweng dan para Instruktur kursus LPK Intan Sruweng, serta para ibu-ibu muda calon peserta kursus yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang.

Dari Kecamatan Sruweng ada 6 Desa yang akan mengikuti program ini, yaitu Desa Sruweng, Klepusanggar, Purwodeso, Karanggedang, Sidoagung dan Desa Karangjambu.



Dalam kata sambutannya, wakil dari Bapermades Kabupaten Kebumen merasa ikut senang melihat calon peserta kursus yang tampak bersemangat, sepertinya sudah tidak sabar lagi ingin segera dapat mengoperasikan mesin-mesin jahit dan mesin bordir yang semakin canggih.  Kepada LPK Intan Sruweng beliau berpesan untuk dapat memberikan pelatihan yang sebaik-baiknya, sehingga setelah selesai latihan betul-betul sudah dapat bekerja menggunakan mesin-mesin tersebut.




Sementara itu wakil dari Kecamatan Sruweng berpesan kepada para calon peserta untuk berlatih dengan sungguh-sungguh, karena pelatihan ini merupakan kesempatan yang baik, dimana warga masyarakat yang kurang mampu dapat mengikuti pelatihan yang berkualitas secara gratis tanpa dipungut biaya.  Semoga nantinya di Kecamatan Sruweng dapat lahir Kelompok Usaha Bersama di bidang usaha konfeksi pakaian seragam sekolah, yang dilaksanakan oleh para ibu-ibu yang sekarang sedang berlatih menjahit dan bordir melalui program MP3KI bekerjasama dengan LPK Intan Sruweng.



Kesempatan berikutnya diserahkan kepada Iman S Prositadika, penyusun program pelatihan dari LPK Intan Sruweng, yang memberikan motivasi kepada para peserta latihan.
Dijelaskan, bahwa yang terpenting bukanlah latihannya, tetapi jauh lebih penting adalah PASCA latihan, bagaimana kondisi nasib para pesertanya setelah selesai mengikuti latihan…
Usaha konfeksi pakaian seragam sekolah termasuk usaha yang mulia, karena dibutuhkan oleh masyarakat dan usaha ini lebih aman dari usaha makanan yang mengenal resiko basi atau kadaluwarsa bila tidak segera terjual.

Usaha konfeksi tidak bisa lepas dari persaingan usaha sejenis yang semakin menjamur pada saat ini.  Faktor utama yang paling dominan dalam persaingan usaha ini adalah menjaga kualitas hasil produksinya, agar pakaian seragam sekolah yang dihasilkan dapat lebih baik dibanding lainnya.  Untuk mencapai sasaran tersebut sedikitnya ada 3 faktor yang harus diperhitungkan, yaitu:

  • Menggunakan mesin jahit dan mesin bordir yang canggih, mesin yang dapat menjahit dan membordir lebih cepat, lebih rapih dan lebih praktis.
  • Menggunakan tenaga kerja terlatih yang menguasai trik-trik dan teknik jahitan dengan baik serta mampu mengoperasikan mesin bordir digital.
  • Hasil produksinya tidak kadaluwarsa, selalu mengacu pada peraturan dan ketentuan-ketentuan tentang pakaian seragam sekolah yang berlaku saat ini dan masa mendatang.

Supaya proses pelatihan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, setiap peserta latihan mendapat Buku Panduan plus 2 (dua) keping Video CD Tutorial Menjahit dari LPK Intan yang khusus berisi materi teknik pembuatan pakaian seragam sekolah.  Pada bagian akhir buku tersebut dilampirkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah beserta lampiran-lampirannya.  Juga disertakan Peraturan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka terbaru untuk dasar pembuatan pakaian seragam Pramuka.

Sebenarnya Buku plus Video CD Tutorial Menjahit Pakaian Seragam Sekolah memang dirancang dapat digunakan untuk belajar dan latihan menjahit sendiri di rumah yang selengkapnya terdiri dari Buku Panduan Plus 3 (tiga) keping Video CD Tutorial Menjahit.  Kepada yang berminat memiliki Buku plus Video CD Tutorial Menjahit Pakaian Seragam Sekolah dipersilakan pesan langsung kepada Ibu Parniyah via nomor HP. 087737621625 atau dapat juga pesan kepada mba Intan via Pin BB. 7DD44072 dengan harga Rp.120.000,- (seratus dua puluh ribu) ditambah ongkos kirim ke alamat pemesan.  Pengiriman bisa dilayani melalui JNE, TIKI atau Pos Indonesia, sesuai permintaan pemesan.

Pada bagian akhir dari kegiatan Pembukaan Pelatihan tersebut, para peserta diajak melihat pemutaran Video Tutorial Menjahit dari LPK Intan, serta video aktifitas proses produksi baju yang dilakukan oleh perusahaan Garmen dan Usaha Konfeksi di Semarang, Bandung dan Bekasi yang telah menjadi mitra kerja dan mitra usaha LPK Intan Sruweng.
Para peserta puas dan senang karena merasa mendapat informasi dan wawasan baru dari melihat video tersebut.

Demikian sekilas cerita tentang kegiatan Pembukaan Pelatihan, dan terimakasih atas kunjungan Anda ke salah satu dari keluarga Blog LPK Intan Sruweng ini...

11 komentar:

  1. Sukses buat LPK Intan Sruweng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, semoga sukses buat mba tuti dan buat semuanya juga...

      Hapus
  2. Keluarga Bordir Cilacap doakan LPK Intan Sruweng selalu makin maju...

    BalasHapus
  3. Apakah saya bisa meminta Nomor Telfon Bpk. Iman Sayekti ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, 087737621625 nomor HP Lpk Intan, bpk Iman ga punya no HP pribadi, satu nomor dipakai sekeluarga secara terbuka. Makasih.

      Hapus
  4. Apakah saya bisa meminta Nomor Telfon Bpk. Iman Sayekti ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila ada kepentingan khusus dengan bpk Iman, silakan kirim no. HP Anda, nanti bp Iman akan menghubungi, terimakasih.

      Hapus
  5. Apkah kmi yg dilubuklinggau jga bisa diberikan platihan seperti diatas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga di Lubuklinggau ada LPK yang bisa memberikan pelatihan seperti yang diharapkan, terimakasih.

      Hapus